Landasan Pendidikan Pancasila dan Tujuan Pendidikan Pancasila
A. DEFINISI
PENDIDIKAN PANCASILA
Pendidikanpancasilayaitupendidikannilai-nilai
yang
bertujuanmembentuksikapdanperilakupositipmanusia/mahasiswasesuaidengannilai-nilai
yang terkandungdalamPancasila.
B. LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
Pancasilaadalahdasarfalsafah
Negara Indonesia sebagaimanatercantumdalamPembukaan UUD 1945.Olehkarenaitu,
setiapwarga Negara Indonesia harusmempelajari, mendalami, menghayati,
danmengamalkannyadalamsegalabidangkehidupan.
PancasilasebagaimanatercantumdalamPembukaan
UUD 1945 dalamperjalanansejarahkemerdekaanbangsa Indonesia
telahmengalamipersepsidanintrepetasisesuaidengankepentinganrezim yang
berkuasa.Pancasilatelahdigunakansebagaialatuntukmemaksarakyatsetiakepadapemerintah
yang
berkuasadenganmenempatkanpancasilasebagaisatu-satunyaasasdalamkehidupanbermasyarakat.
a)
LandasanHistoris
Berdasarkanlandasanhistoris,
pancasiladirumuskandanmemilikitujuan yang dipakaisebagaidasar Negara
Indonesia.Prosesperumusannyadiambildarinilai-nilaipandanganhidupmasyarakat.Setiapbangsamempunyai
ideology danpandanganhidupberbeda-beda yang diambildarinilai-nilai yang
hidupdanberkembangdalambangsaitusendiri.Pancasiladigalidaribangsa Indonesia
yang telahtumbuhdanberkembangsemenjaklahirnyabangsa Indonesia.Majapahit,
padamasaininilai-nilaiketuhanan,
sepertikepercayaankepadaTuhantelahberkembangdansikaptoleransijugatelahlahir,
begitupulanilaikemanusiaan yang adildanberadapdansilalainnya.
b)
LandasanKultural
Berdasarkanlandasan
cultural, Pancasilajugadilandaskanterhadappandanganhidupbermasyarakat,
berbangsadanbernegara yang terdapatpadaasaskultural yang
dimilikibangsaitusendiri. Nilai-nilaikenegaraandankemasyarakatan yang
terkandungdalamsila-silapancasilabukanmerupakanhasilkonseptualssendiri yang
diangkatdarinilaikultursendiri yang
dimilikimelaluiprosesrefleksifilosofisparapendirinegara.
Olehkarenaitusudahseharusnyakalanganintelektualkampusmelestarikandanmengkajisecaradinamisdalamartimengembangkansesuaituntutanjaman.
JadiBerbedadenganbangsa
– bangsalain ,bangsa Indonesia mendasarkanpandanganhidupnyadalammasyarrakat,
berbangsadanbernegarapadasuatuasas cultural yang
dimilikidanmelekatpadabangsaitusendiri. Satu – satunyakaryabesarbangsa
Indonesia yang sejajardengankaryabesarbangsa lain diduniainiadalahhasilpemikirantentangbangsadan
Negara yang mendasarkanpandanganhidupsuatuprinsipnilai yang terutangdalamsila –
silapancasila.
c)
LandasanYuridis
Pancasilasecarayuridiskonstitusionaltelahsecara
formal menjadidasarnegarasejakdituangkannyarumusanPancasiladalampembukaan UUD
1945.Didalam UU No. 2 Th 1989
tentangSistemPendidikanNasionaldigunakansebagaidasarpenyelenggaraanpendidikantinggi,Pasal
39 telahmenetapkanbahwaisikurikulumsetiapjenis, jalurdanjenjangpendidikan,
wajibmemuatPendidikanPancasila, Pendidikan Agama danPendidikanKewarganegaraan.
Demikianjugaberdasarkan
SK MenteriPendidikanNasional RI No.232/U/2000,
tentangPedomanPenyusunKurikulumPendidikanTinggidanPenilaianHasilBelajarMahasiswa,
pasal 10 ayat (1) dijelaskanbahwakelompok Mata KuliahPendidikanKewarganegaraan,
wajibdiberikandalamkurikulumsetiap program studi, yang
terdiriatasPendidikanPancasila, Pendidikan Agama, danPendidikanKewarganegaraan.
Sebagairealisasidari SK tersebutDirektoralJendralPendidikanTinggi,
mengeluarkanSuratKeputusan No.38/DIKTI/Kep?2002, tentangRambu-rambuPelaksanaan
Mata KuliahPengembanganKepribadian.Padapasal 3
dijelaskanbahwakompetensikelompokmatakuliah MPK
bertujuanmenguasaikemampuanberfikir, bersikaprasionaldandinamis,
berpandanganluassebagaimanusiaintelektual.Adapunrambu-rambumatakuliah MPK Pancasilatersebutadalahterdiriatasselainsegihistoris,
filosofis, ketatanegaraan,
kehidupanberbangsadanbernegarajugadikembangkanetikapolitik.
d)
LandasanFilosofis
Pancasilaadalahsebagaidasarfilsafatnegaradanpandanganfilosofisbangsa
Indonesian.Olehkarenaitusudahmerupakansuatukeharusan moral
untuksecarakonsistenmerealisasikannyadalamsetiapaspekkehidupanbermasyarakat,
berbangsadanbernegara.Hal
iniberdasarkanpadasuatukenyataansecarafilosofisdanobjektifbahwabangsa Indonesia
dalamhidupbermasyarakatdanbernegaramendasarkanpadanilai-nilai yang
tertuangdalamsila-silaPancasila yang
secarafilosofismerupakanfilosofibangsaIndonesiasebelummendirikannegara.
Secarafilosofis,
bangsa Indonesia sebelummendirikannegaraadalahsebagaibangsa yang
berketuhanandanberkemanusiaan, haliniberdasarkankenyataanobjektifbahwamanusiaadalahmakhlukTuhan
yang MahaEsa.Syaratmutlaksuatunegaraadalahadanyapersatuan yang
terwujudkansebagairakyat (merupakanunsurpokoknegara),
sehinggasecarafilosofisnegaraberpersatuandanberkerakyatankonsekuensinyarakyatadalahmerupakandasar
ontologism demokrasi, karenarakyatmerupakanasalmulakekuasaan Negara
Atasdasarpengertianfilosofistersebutmakadalamhidupbernegaranilai-nilaipancasilamerupakandasarfilsafatnegara.Konsekuensinyadalamsetiapaspekpenyelenggaraannegaraharusbersumberpadanilai-nilaiPancasilatermasuk
system peraturanperundang-undangandi
Indonesia.Olehkarenaitudalamrealisasikenegaraantermasukdalamprosesreformasidewasainimerupakansuatukeharusanbahwapancasilamerupakansumbernilaidalampelaksanaankenegaraanbaikdalampembangunannasional,
ekonomi, politik, hukum, social budaya, maupunpertahanandankeamanan.
C.
TUJUAN
PENDIDIKAN PANCASILA
PendidikanPancasilasebagaisalahsatukomponenmatakuliahpengembangankepribadian
(MPK) memegangperananpentingdalammembentukkepribadianmahasiswa, diharapkanmahasiswatidakhanyaberkembangdayaintelektualnyanamunjugasikapdanprilakunya.
1)
PendidikanPancasiladiperguruantinggisecarakhususbertujuansebagaiberikut
:
2)
Dapatmemahami,
menghayati, danmelaksanakanPancasiladan UUD 1945
dalamkehidupansebagaiwarganegara.
3)
Menguasaipengetahuandanpemahamantentangberbagaimasalahdasarkehidupanbermasyarakat,
berbangsadanbernegara yang hendakdiatasi.
4)
Memupuksikapdanperilaku
yang sesuaidengannilai-nilaidannormaPancasila.
D.
KESIMPULAN
Tujuanpendidikanmendudukiposisi
yang pentingdiantarakomponen-komponenpendidikanlainya yang
memuatgambarantentangnilai-nilai yang baik, luhur,
pantasdanbenardanindahuntukkehidupan.Makamenjadikeharusanbagipendidikanuntukmemahaminyasehinggatidakterjadikesalahandalamsuatupendidikan
(salahteoretis).
Daftar pustaka :
https://www.academia.edu/15697722/Pendidikan_Pancasila
Alfina
Mayarotin
19030174075
2019C
Comments
Post a Comment