Landasan Pendidikan Pancasila dan Tujuan Pendidikan Pancasila




A.  DEFINISI PENDIDIKAN PANCASILA

Pendidikanpancasilayaitupendidikannilai-nilai yang bertujuanmembentuksikapdanperilakupositipmanusia/mahasiswasesuaidengannilai-nilai yang terkandungdalamPancasila.
B.  LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
Pancasilaadalahdasarfalsafah Negara Indonesia sebagaimanatercantumdalamPembukaan UUD 1945.Olehkarenaitu, setiapwarga Negara Indonesia harusmempelajari, mendalami, menghayati, danmengamalkannyadalamsegalabidangkehidupan.
PancasilasebagaimanatercantumdalamPembukaan UUD 1945 dalamperjalanansejarahkemerdekaanbangsa Indonesia telahmengalamipersepsidanintrepetasisesuaidengankepentinganrezim yang berkuasa.Pancasilatelahdigunakansebagaialatuntukmemaksarakyatsetiakepadapemerintah yang berkuasadenganmenempatkanpancasilasebagaisatu-satunyaasasdalamkehidupanbermasyarakat.
a)             LandasanHistoris
Berdasarkanlandasanhistoris, pancasiladirumuskandanmemilikitujuan yang dipakaisebagaidasar Negara Indonesia.Prosesperumusannyadiambildarinilai-nilaipandanganhidupmasyarakat.Setiapbangsamempunyai ideology danpandanganhidupberbeda-beda yang diambildarinilai-nilai yang hidupdanberkembangdalambangsaitusendiri.Pancasiladigalidaribangsa Indonesia yang telahtumbuhdanberkembangsemenjaklahirnyabangsa Indonesia.Majapahit, padamasaininilai-nilaiketuhanan, sepertikepercayaankepadaTuhantelahberkembangdansikaptoleransijugatelahlahir, begitupulanilaikemanusiaan yang adildanberadapdansilalainnya.
b)             LandasanKultural
Berdasarkanlandasan cultural, Pancasilajugadilandaskanterhadappandanganhidupbermasyarakat, berbangsadanbernegara yang terdapatpadaasaskultural yang dimilikibangsaitusendiri. Nilai-nilaikenegaraandankemasyarakatan yang terkandungdalamsila-silapancasilabukanmerupakanhasilkonseptualssendiri yang diangkatdarinilaikultursendiri yang dimilikimelaluiprosesrefleksifilosofisparapendirinegara. Olehkarenaitusudahseharusnyakalanganintelektualkampusmelestarikandanmengkajisecaradinamisdalamartimengembangkansesuaituntutanjaman.
JadiBerbedadenganbangsa – bangsalain ,bangsa Indonesia mendasarkanpandanganhidupnyadalammasyarrakat, berbangsadanbernegarapadasuatuasas cultural yang dimilikidanmelekatpadabangsaitusendiri. Satu – satunyakaryabesarbangsa Indonesia yang sejajardengankaryabesarbangsa lain diduniainiadalahhasilpemikirantentangbangsadan Negara yang mendasarkanpandanganhidupsuatuprinsipnilai yang terutangdalamsila – silapancasila.

c)             LandasanYuridis
Pancasilasecarayuridiskonstitusionaltelahsecara formal menjadidasarnegarasejakdituangkannyarumusanPancasiladalampembukaan UUD 1945.Didalam UU No. 2 Th 1989 tentangSistemPendidikanNasionaldigunakansebagaidasarpenyelenggaraanpendidikantinggi,Pasal 39 telahmenetapkanbahwaisikurikulumsetiapjenis, jalurdanjenjangpendidikan, wajibmemuatPendidikanPancasila, Pendidikan Agama danPendidikanKewarganegaraan.
Demikianjugaberdasarkan SK MenteriPendidikanNasional RI No.232/U/2000, tentangPedomanPenyusunKurikulumPendidikanTinggidanPenilaianHasilBelajarMahasiswa, pasal 10 ayat (1) dijelaskanbahwakelompok Mata KuliahPendidikanKewarganegaraan, wajibdiberikandalamkurikulumsetiap program studi, yang terdiriatasPendidikanPancasila, Pendidikan Agama, danPendidikanKewarganegaraan. Sebagairealisasidari SK tersebutDirektoralJendralPendidikanTinggi, mengeluarkanSuratKeputusan No.38/DIKTI/Kep?2002, tentangRambu-rambuPelaksanaan Mata KuliahPengembanganKepribadian.Padapasal 3 dijelaskanbahwakompetensikelompokmatakuliah MPK bertujuanmenguasaikemampuanberfikir, bersikaprasionaldandinamis, berpandanganluassebagaimanusiaintelektual.Adapunrambu-rambumatakuliah MPK Pancasilatersebutadalahterdiriatasselainsegihistoris, filosofis, ketatanegaraan, kehidupanberbangsadanbernegarajugadikembangkanetikapolitik.

d)             LandasanFilosofis
Pancasilaadalahsebagaidasarfilsafatnegaradanpandanganfilosofisbangsa Indonesian.Olehkarenaitusudahmerupakansuatukeharusan moral untuksecarakonsistenmerealisasikannyadalamsetiapaspekkehidupanbermasyarakat, berbangsadanbernegara.Hal iniberdasarkanpadasuatukenyataansecarafilosofisdanobjektifbahwabangsa Indonesia dalamhidupbermasyarakatdanbernegaramendasarkanpadanilai-nilai yang tertuangdalamsila-silaPancasila yang secarafilosofismerupakanfilosofibangsaIndonesiasebelummendirikannegara.
Secarafilosofis, bangsa Indonesia sebelummendirikannegaraadalahsebagaibangsa yang berketuhanandanberkemanusiaan, haliniberdasarkankenyataanobjektifbahwamanusiaadalahmakhlukTuhan yang MahaEsa.Syaratmutlaksuatunegaraadalahadanyapersatuan yang terwujudkansebagairakyat (merupakanunsurpokoknegara), sehinggasecarafilosofisnegaraberpersatuandanberkerakyatankonsekuensinyarakyatadalahmerupakandasar ontologism demokrasi, karenarakyatmerupakanasalmulakekuasaan Negara
Atasdasarpengertianfilosofistersebutmakadalamhidupbernegaranilai-nilaipancasilamerupakandasarfilsafatnegara.Konsekuensinyadalamsetiapaspekpenyelenggaraannegaraharusbersumberpadanilai-nilaiPancasilatermasuk system peraturanperundang-undangandi Indonesia.Olehkarenaitudalamrealisasikenegaraantermasukdalamprosesreformasidewasainimerupakansuatukeharusanbahwapancasilamerupakansumbernilaidalampelaksanaankenegaraanbaikdalampembangunannasional, ekonomi, politik, hukum, social budaya, maupunpertahanandankeamanan.

C.       TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA
PendidikanPancasilasebagaisalahsatukomponenmatakuliahpengembangankepribadian (MPK) memegangperananpentingdalammembentukkepribadianmahasiswa, diharapkanmahasiswatidakhanyaberkembangdayaintelektualnyanamunjugasikapdanprilakunya.
1)        PendidikanPancasiladiperguruantinggisecarakhususbertujuansebagaiberikut :
2)        Dapatmemahami, menghayati, danmelaksanakanPancasiladan UUD 1945 dalamkehidupansebagaiwarganegara.
3)        Menguasaipengetahuandanpemahamantentangberbagaimasalahdasarkehidupanbermasyarakat, berbangsadanbernegara yang hendakdiatasi.
4)        Memupuksikapdanperilaku yang sesuaidengannilai-nilaidannormaPancasila.
D.      KESIMPULAN
Tujuanpendidikanmendudukiposisi yang pentingdiantarakomponen-komponenpendidikanlainya yang memuatgambarantentangnilai-nilai yang baik, luhur, pantasdanbenardanindahuntukkehidupan.Makamenjadikeharusanbagipendidikanuntukmemahaminyasehinggatidakterjadikesalahandalamsuatupendidikan (salahteoretis).

Daftar pustaka :
https://www.academia.edu/15697722/Pendidikan_Pancasila



Alfina Mayarotin
19030174075
2019C

Comments

Popular Posts